19 nop 2012
19 nop 2012

Tanpa Harus Bercinta, Air Mani Dapat Tingkatkan Kesuburan Wanita



Menjadwal siklus menstruasi seringkali kurang mujarab dijadikan sebagai pengontrol kehamilan, namun kurang jelas apa penyebabnya. Ternyata biang keroknya tak jauh-jauh amat, yaitu air mani itu sendiri. Suatu kandungan bahan kimia dalam air mani ditemukan dapat mendongkrak tingkat kesuburan wanita.

Wanita memiliki kemampuan untuk melepaskan sel telur secara teratur tanpa harus dipengaruhi aktivitas seks. Berbeda dengan manusia, beberapa spesies mamalia dapat melepaskan sel telur hanya ketika melakukan seks, contohnya unta dan kelinci. Rangsangan seks memicu respons hormonal pada mamalia betina sehingga merangsang pelepasan sel telur atau ovulasi.

Pada tahun 1985, sekelompok ilmuwan China mengemukakan bahwa mungkin ada faktor pemicu ovulasi dalam air mani yang membuat wanita dapat melepaskan sel telur karena rangsangan seks, seperti yang dijumpai pada beberapa mamalia betina. Sayangnya pendapat ini lantas diabaikan karena kebanyakan ilmuwan meyakini bahwa wanita melepaskan sel telur tanpa dipengaruhi oleh aktifitas seks.

Seorang ilmuwan dari Kanada yang pada mulanya ikut mengabaikan akhirnya penasaran juga dibuatnya. Pada tahun 2005, ia menyuntikkan cairan mani dari unta jantan ke kaki belakang unta betina untuk melihat pengaruhnya terhadap kesuburan. Ajaib, ternyata tanpa rangsangan seksual sekalipun, cairan mani yang masuk dalam aliran darah sudah dapat meningkatkan kesuburan unta betina.

Para peneliti mengambil sampel air mani unta dan memisahkannya dari sperma dalam alat sentrifugal. Sperma ditemukan hanya mengisi sekitar 5% dari air mani. Dengan menggunakan beberapa cara seperti memanfaatkan enzim pencerna protein, pemanasan hingga alat penyaring molekul, peneliti mencoba memisahkan molekul dalam air mani.

Molekul dari cairan mani ini disuntikkan ke bagian belakang kaki unta betina. Ternyata substansi misterius dalam air mani tersebut merupakan protein yang penting bagi perkembangan dan kelangsungan hidup saraf sensorik, yaitu neural growth factor (NGF). Protein ini sangat penting dalam membantu meningkatkan kesuburan wanita.

"Kami sedang mencari protein yang tidak diketahui. Namun pada kenyataannya kami menemukan molekul pemicu kesuburan di seluruh tubuh banyak spesies. Saya tidak tahu apakah harus senang atau sedih tentang temuan ini," kata peneliti, Gregg Adams dari University of Saskatchewan di Kanada seperti dilansir Science Mag, Rabu (22/8/2012).

Dalam laporan penelitian yang dimuat Proceedings of the National Academy of Sciences, Adams beserta timnya menjelaskan bahwa molekul pemicu kesuburan tersebut ditemukan dalam air mani semua spesies yang sudah diteliti, termasuk manusia. NGF mengubah waktu perkembangan telur serta mempercepat dan memperkuat fungsi korpus luteum, struktur endokrin yang penting untuk mempertahankan kehamilan.

Tanpa harus dirangsang oleh seks, substansi NGF dalam air mani pria yang disuntikkan lewat aliran darah akan menyebabkan hipotalamus dan kelenjar hipofisis di otak wanita melepaskan hormon-hormon yang penting untuk kehamilan. Meskipun mekanisme yang tepat masih perlu diteliti lebih jauh, temuan baru ini sudah cukup membuka wawasan baru mengenai kesuburan wanita.



Sumber
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori SEKS dengan judul Tanpa Harus Bercinta, Air Mani Dapat Tingkatkan Kesuburan Wanita . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://m-aldy.blogspot.com/2012/08/tanpa-harus-bercinta-air-mani-dapat.html . Terima kasih!
Judul: Tanpa Harus Bercinta, Air Mani Dapat Tingkatkan Kesuburan Wanita
Rating: 10 out of 10 based on 999999 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Farras Reizaldy

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda..
Ditulis oleh: Farras Reizaldy - Kamis, 23 Agustus 2012

Belum ada komentar untuk " Tanpa Harus Bercinta, Air Mani Dapat Tingkatkan Kesuburan Wanita "

Posting Komentar

My Ping in TotalPing.com