19 nop 2012
19 nop 2012

Gadget Pendukung Keselamatan Berkendara

ExiTool

Di pasaran, cukup banyak gadget yang berguna sebagai pendukung keselamatan berkendara. Maklumlah, kendaraan pribadi masih menjadi primadona dalam perjalanan mudik lebaran tahun ini.

Data Kementerian Perhubungan memprediksi akan ada 4,11 juta kendaraan pribadi yang bakal bergerak pada arus mudik lebaran kali ini. Sudah bisa bayangkan kan padatnya jalanan yang praktis meningkatkan risiko kecelakaan lalu lintas.

Tengok saja data Mabes Polri di mana jumlah kecelakaan salama arus mudik 23 Agustus-7 September 2011 mencapai 4.744 kasus. Angka itu naik lebih dari 35 persen dibanding tahun 2010 sebanyak 3.633 kasus. Nah, tak ada salahnya memiliki gadget alias benda kecil ini yang bisa meminimalisir potensi kecelakaan di jalan raya.

ExiTool
Ini gadget kecil yang didesain untuk membebaskan diri dari jeratan sabuk pengaman (seat belt). ExiTool adalah gadget kecil yang ditempatkan di seat belt dan berfungsi dalam keadaan darurat atau kecelakaan. Sebut saja mobil nyungsep ke sungai. Nah, dengan ExiTool, upaya menyelamatkan diri lebih mudah karena bisa digunakan untuk memotong sabuk pengaman yang sulit lepas.

Selain sebagai pisau, ExiTool juga dapat memecahkan kaca jendela mobil karena memiliki ujung yang didesain bisa memecahkan kaca mobil. Oh ya, gadget berbentuk kotak ini juga bisa berfungsi sebagai lampu senter LED. Harganya cukup terjangkau kok. Sekitar Rp 250 ribuan.

RED ALERT FATIGUE ALARM
Itulah nama gadget yang bentuknya mirip Bluetooth headset karena dipakai di telinga. Sejatinya, gadget tersebut adalah sebuah alarm untuk menghindari pengemudi mengantuk kala mengemudi. Bagaimana cara kerjanya?

Di jeroan alat ini tertanam sensor gerak yang membaca pergerakan kepala. Nah, jika kepala pengemudi tertunduk maka Red Alert Fatigue Alarm akan berbunyi, getaran, atau kombinasi suara dan getar. Alarm itu dimaksudkan untuk menggugah kesadaran pengemudi.

Red Alert Fatigue Alarm dilengkapi baterai yang dapat diisi ulang lewat kabel USB atau kabel car adapter. Banderolnya sekitar 27 dollar AS atau sekitaran Rp 250 ribuan. Meski pakai alat ini, tapi tetap yang paling aman adalah menepi dan istirahat begitu kantuk mendera.

FIRST KIT AID (MINIPOD)
Siapa yang bisa menduga bakalan mengalami kasus kecelakaan kecil saat berkendara. Makanya sangat disarankan menyediakan first aid kit atau kotak P3K di mobil. Namun kotak itu biasanya memakan tempat. First Aid Kit (Minipod) bisa jadi solusinya. Dengan bentuk kapsul yang kompak dan mini, perlengkapan ini tak akan memakan ruang yang banyak. Di dalamnya bisa menyimpan 2 plaster, obat antiseptik, dan tisu. Harganya kurang dari Rp 50 ribuan.



Sumber
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Teknologi dengan judul Gadget Pendukung Keselamatan Berkendara . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://m-aldy.blogspot.com/2012/08/gadget-pendukung-keselamatan-berkendara.html . Terima kasih!
Judul: Gadget Pendukung Keselamatan Berkendara
Rating: 10 out of 10 based on 999999 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Farras Reizaldy

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda..
Ditulis oleh: Farras Reizaldy - Sabtu, 11 Agustus 2012

Belum ada komentar untuk " Gadget Pendukung Keselamatan Berkendara "

Posting Komentar

My Ping in TotalPing.com