19 nop 2012
19 nop 2012

Berita Mudik Lebaran | Informasi Puncak Terbaru 2012

Berita Mudik Lebaran | Informasi Puncak Terbaru 2012 - Informasi Mudik Lebaran Terbaru 2012, berita paling baru seputar mudik 2012, informasi arus mudik lebaran 2012.

Foto berita mudik 2012, kemacetan mudik 2012

=========================================================

Puncak mudik lebaran 2012 telah tiba. Pemerintah memperkirakan puncak mudik akan jatuh pada H-3 atau jatuh pada hari Kamis, 16 Agustus 2012. Pada petang hari, kantor-kantor sudah tutup. Pada saat itu diperkirakan sejumlah jalur mudik akan mengalami kemacetan parah.

Lihat saja. Volume kendaraan pemudik mulai memadati ruas-ruas jalan di sepanjang jalur Pantai Utara atau Pantura. "Berdasarkan pantauan CCTV, pagi ini sudah ada peningkatan di Simpang Jomin, Cikampek," kata Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan, Bambang S Ervan.

Simpang Jomin merupakan konsentrasi yang menjadi langganan macet setiap tahun. Persimpangan ini merupakan titik temu antara kendaraan bermotor yang berasal dari jalur non-tol dengan mobil-mobil yang keluar dari ruas tol Jakarta-Cikampek.

PT Jasa Marga juga sudah memprediksi kondisi puncak arus mudik jatuh pada H-3 lebaran atau Kamis, 16 Agustus 2012. Saat puncak mudik terjadi, jumlah kendaraan yang melintas di gerbang Tol Jakarta-Cikampek akan naik sekitar 178 persen dibanding hari biasa.

"Pada hari biasa, rata-rata kendaraan yang melintas sekitar 16.221 kendaraan per hari, pada H-3 Lebaran diperkirakan mencapai 45.092 kendaraan," ujar Kepala Biro Operasional PT Jasa Marga, Hasanuddin.

Sementara itu, kepolisian terus melakukan persiapan menghadapi puncak arus mudik dan balik Lebaran tahun ini. Kesiapan itu termasuk di salah satu jalur yang kerap dipakai para pemudik pulang ke kampung halaman masing-masing, yakni di Pantura, Indramayu. Di jalur ini, kepolisian akan memprioritaskan pemudik dengan sepeda motor.

Kasat Lantas Polres Indramayu, AKP Irwandi, mengatakan, jika kemacetan panjang terjadi saat H-3 Lebaran, polisi akan memprioritaskan kendaraan roda dua tetap melintas di jalur utama Pantura Indramayu.

Selain itu, dia melanjutkan, sepeda motor pun tidak akan dibuang ke jalur alternatif. "Sedangkan kendaraan roda empat akan kami alihkan ke jalur alternatif Cikamurang-Cijelag, lalu Kadipaten dan ke Cirebon," jelas Irwandi, Rabu 15 Agustus 2012.

Menurut Irwandi, Polres tidak memaksakan pemudik motor ke jalur alternatif karena dua alasan. Selain memutar dan lebih jauh, kondisi jalan alternatif banyak yang rusak serta minim penerangan saat malam hari.

Arus mudik di jalur utama Pantura Indramayu sendiri mulai meningkat sejak Rabu dini hari tadi. Volume kendaraan roda empat yang melintas 35 kendaraan per menit dan roda dua 20 unit per menit.

SBY Sorot Motor
Sementara, tingginya kecelakaan pengendara motor mendapatkan perhatian khusus dari presiden. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memimpin sidang paripurna kabinet yang membahas soal pelayanan mudik Lebaran 2012. Dalam kesempatan ini, Presiden SBY mengingatkan pemerintah dan seluruh jajaran jangan lengah dalam melayani pemudik.

"Kita tidak boleh menganggap ini hanya kegiatan rutin, karena bisa mendatangkan sesuatu. Padahal ada dinamika, persoalan dan perkembangan kehidupan masyarakat," kata Presiden SBY saat membuka rapat kabinet di Kantor Presiden, Jakarta.

SBY mengakui kegiatan mudik merupakan aktivitas tahunan. Tetapi, SBY memerintahkan semua jajaran pemerintah tidak lengah dalam melayani para pemudik.

Salah satu yang menjadi perhatian SBY adalah meningkatnya jumlah kendaraan sepeda motor. "Jumlah motor meningkat sangat tajam. Akibatnya berkaitan dengan lalu lintas dan keselamatan pemudik," ujar SBY.

Maka itu, SBY memerintahkan seluruh jajaran untuk memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pemudik.

Sudah 88 Orang Tewas
Markas Besar Polri menyampaikan perkembangan dan data para pemudik setelah 'Operasi Ketupat 2012' mulai digelar Jumat 10 Agustus lalu. Selama dua hari sejak digelar operasi, terjadi ratusan kecelakaan dengan puluhan korban jiwa.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat, Brigjen Pol Boy Rafli Amar merinci kecelakaan Minggu, 12 Agustus 2012 atau H-8, terjadi 304 kasus kejadian kecelakaan lalu-lintas. Sementara, Sabtu 11 Agustus 2012, H-9, atau hari pertama operasi terjadi 252 kasus.

Boy memaparkan dari jumlah kasus itu, korban meninggal dunia, hari Sabtu, di seluruh Indonesia, 34 orang, sementara H-8, atau hari Minggu, 54 orang. Dan mayoritas adalah para pengguna sepeda motor. "Jadi dua hari operasi ketupat meninggal dunia di jalan raya 88 orang," jelas Boy di Mabes Polri.

Boy mengemukakan dari jumlah korban meninggal tersebut, sebanyak 38 orang terjadi di wilayah Polda prioritas satu. Sementara jumlah luka berat di H-9: 36 orang, H-8: 69 orang, kemudian luka ringan H-9: 253 orang, H-8: 266 orang.

Sementara, angka kecelakaan tahun 2011 meningkat dibandingkan musim mudik lebaran 2010. Berdasarkan catatan polisi ada 4.006 kasus. Angka ini naik sekitar 996 kejadian atau meningkat 33,08 persen dibandingkan lebaran tahun sebelumnya yaitu 3.010 kasus. Angka itu dicatat pada kurun 23 Agustus hingga Minggu 4 September 2011.

Korban meninggal akibat kecelakaan, turun dari 746 pada 2010, menjadi 661 orang pada 2011. Sementara korban luka berat naik 155 orang, atau 15,91 persen.

Kecelakaan tunggal, mengantuk, dan mengendarai sepeda motor lebih dari dua orang, juga ikut memperpanjang daftar korban. Peristiwa lain adalah tabrakan depan-belakang tercatat 37 kali. Lalu kendaraan menabrak pengguna jalan juga cukup tinggi. Sudah 40 kali kejadian ini menimpa warga di sepanjang jalur mudik.

Bagi pengendara sepeda motor, penyebab kecelakaan paling banyak adalah karena berboncengan lebih dari satu orang. Jumlahnya mencapai 104 orang. Pada urutan kedua karena mengantuk. Ada 32 kasus, dan 88 pengendara motor celaka akibat kondisi fisik yang lelah.

Bahkan jumlah kecelakaan di wilayah hukum Polda Metro Jaya tercatat 134 kasus kecelakaan, dan korban jiwa mencapai 21 orang. Dalam upaya penertiban, polisi melakukan tilang bagi 16.534 pemudik selama arus mudik Lebaran.

Sementara itu, untuk menghadapi arus mudik dan arus balik Lebaran 2012, Palang Merah Indonesia (PMI) telah menyiagakan 285 pos Pertolongan Pertama Gabungan.

PMI juga memobilisasi 246 unit ambulans di jalur mudik yang rawan dan ruas-ruas strategis di seluruh Indonesia, seperti terminal bus, stasiun kereta api, pelabuhan, dan tempat wisata. "Ini digerakkan di seluruh Indonesia," kata Ketua Umum PMI Jusuf Kalla (JK) di Markas Pusat PMI, Jakarta.

JK mengatakan mulai H-7 dan H+7, sekitar 4.580 relawan, termasuk dokter dan perawat akan siaga di pos-pos Pertolongan Pertama Gabungan dan ambulans PMI untuk membantu pemudik.

Mudik Gratis
Sementara itu, kegiatan mudik gratis yang diadakan oleh perusahaan swasta maupun BUMN setiap Lebaran dinilai mampu mengurangi kepadatan kendaraan. Terutama mengurangi jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor dengan resiko kecelakaan.

Pemerintah pun menyiapkan truk dan bus gratis bagi pemudik sepeda motor agar mengalihkan moda transportasi mereka. "Tercatat sekitar 6 ribu lebih sepeda motor yang dinaikkan ke truk, pemiliknya naik bus. Ini masih berkembang terus karena ini gratis," kata Menteri Perhubungan EE Mangindaan.

Menurutnya, dua kapal Pelni dan kapal dari TNI AL juga disiapkan untuk mengangkut pemudik dan sepeda motornya secara cuma-cuma. "Karena gratis, mudik jangan pakai motor untuk menghindari kecelakaan," kata Mangindaan.

Namun demikian, kata Mangindaan, apa yang disediakan pihaknya itu belum mencukupi. Sebab itu, dia mengimbau pihak lain seperti bank dan perusahaan turut berpartisipasi.

Dia memprediksi, lonjakan tertinggi bakal terjadi pada H-3 lebaran. Pada saat lonjakan itu, transportasi laut dan udara dinaikkan 10 persen. Pesawat tambahan telah disiagakan di Bandara Soekarno-Hatta.

Mudik gratis itu dinilai positif oleh kepolisian. "Pengaruhnya terhadap arus lalu lintas cukup besar. Terutama dirasakan di jalur Pantai Utara (Pantura) dan jalur Selatan Jawa Barat," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Dwi Sigit Nurmantyas.

Dengan begitu, dia berharap, mudik gratis yang dilakukan perusahaan dan BUMN ini juga bisa menekan angka kecelakaan.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Berita Dalam negri / Berita Lokal / Tips Aman Mudik 2012 dengan judul Berita Mudik Lebaran | Informasi Puncak Terbaru 2012 . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://m-aldy.blogspot.com/2012/08/berita-mudik-lebaran-informasi-puncak.html . Terima kasih!
Judul: Berita Mudik Lebaran | Informasi Puncak Terbaru 2012
Rating: 10 out of 10 based on 999999 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Farras Reizaldy

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda..
Ditulis oleh: Farras Reizaldy - Jumat, 17 Agustus 2012

Belum ada komentar untuk " Berita Mudik Lebaran | Informasi Puncak Terbaru 2012 "

Posting Komentar

My Ping in TotalPing.com